SM-3T di Long Apari



SM-3T
di
Long Apari
30 maret 2017

Daerah perbatasan merupakan daerah terluar yang berbatasan dengan daerah lain atau dengan negara lain. Di Indonesia terdapat beberapa daerah yang berbatasan langsung dengan Negara tetangga. Dibagian Indonesia timur dengan Papua Nugini, Indonesia bagian selatan dengan Timor Leste, dan Indonesia Bagian Utara dengan Malaysia.
Khususnya Indonesia bagian utara tepatnya pulau Kalimantan berbatasan langsung Negara Malaysia yaitu Provinsi Kalimantan Barat dengan Kalimantan Timur. Di Provinsi Kalimantan Timur bagian utara adalah Kab. Mahakam Ulu berbatasan langsung dengan Malaysia. Sebuah nama kampung bernama Long Apari Kec. Long apari berbatas dengan Serawak. Awalanya kabupaten tersebut adalah Kabupaten pemekaran pada tahun 2012 yang sebelumnya satu dengan Kabupaten Kutai Barat.
Berdasarkan data tahun 2010, Kecamatan Long Apari dihuni oleh 1193 KK. Jumlah keseluruhan penduduk Kecamatan Long Apari adalah 4.093 jiwa dengan jumlah penduduk laki-laki 2.190 orang dan jumlah penduduk perempuan 1.903 orang. Tingkat kepadatan penduduk di Kecamatan Long Apari adalah 1,1 jiwa/km².
Sebagai daerah perbatasan, tentunya memiliki ketiksamaan dengan daerah lainnya, ketidaksamaan ini lebih kepada keterbatasan fasilitas. Mulai dari transfortasi, Pendidikan, dan Teklogi. Itulah yang mendasari sehingga sampailah kami di daerah ini menjadi salah satu peserta program Kemenristek Dikti bernama SM-3T (Sarjana Mendidik di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal) merupakan program mencerdaskan bangsa memulai dari pinggiran.
Sebagai peserta SM-3T tentunya ada rasa bahagia tersendiri disamping suka duka yang kami alami bersama anak-anak perbatasan. Mengapa saya mengatakan anak-anak perbatasan ? karena merekalah sasaran pendidikan yang akan dibisikkan ilmu agar mereka nantinya bias jauh dari kata 3T (terdepan, terluar dan tertinggal). Itulah cita-cita dan semngat bagi kami mengarungi bagian pada program mencerdaskan bangsa ini.
Begitu Nampak kehausan akan ilmu pengetahuan nampak di wajah-wajah mereka, meskipun mereka sedang menyandan status siswa namun sepertinya mereka masih butuh asupan pengetahuan yang lebih tidak bersifat terbatas. begiti terpancar harapan jelas diwajah-wajah mereka, penuh keceriaan menyambut kedatangan kami saat pertama kalinya saling berinteraksi.


Nama                          : Bachtiar
Tempat/ Tgl Lahir    : Tondong, 31 Desember 1991
Alamat                        : Tondong Tallasa, Kab. Pangkajene dan kepulauan
Jurusan                       : Penjaskesrek- Universitas Negeri Makassar (UNM)

1 Response to "SM-3T di Long Apari "

  1. INFO: Buat Anda yg lagi mengalami Suatu masalah seperti,
    1.Masalah Ekonomi
    2.Terlilit Hutang
    3.Masalah Rumah Tangga Dlln.
    Maaf sebelumnya jika lewat Tempat ini saya memposting hal seperti ini niat saya hanyalah semata ingin berbagi tapi semua tergantung Anda percaya atau tidaknya,yg jelas jika anda mengalami kesulitan tdk ada salahnya untuk berusaha menyelesaikan dgn ilmu gaib
    Beberapa contoh bantuan KI BARON
    #.PESUGIHAN
    #.TOGEL
    #.DANAH GHAIB
    #.PELET
    #.Dan Masih banyak Bantuan lainnya...
    Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan hubungi KI BARONG di nomor 0852 8895 8775
    Untuk Info lebih jelasnya kunjungi Situs KI BARON Dgn Cara, >>>KLIK DI SINI<<<
    Anda tidak usah ragu akan adanya penipuan atau hal semacamnya sebab saya dan yg lainnya sudah membuktikan keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda.!

    ReplyDelete