Donasi Buku untuk Mahakam Ulu "Satu Buku Sejuta Mimpi Anak MAHULU"


Awal cerita, mendengar kata Mahakam Ulu mungkin hanya menjadi cerita dongeng, sama halnya dengan cerita suku dayak yang mendiami hutan kalimantan sering kita dengar namun hanya kita bisa saksikan lewat siaran TV. Mahakam Ulu adalah daerah terluar dari republik indonesia, Sebagian wilayahnya berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia. Berada di tengah-tengah hutan lebat Kalimantan dengan sungai Mahakam menjadi penyangga kehidupan masyarakatnya. Warga masyarakatnya sebagian masih terisolir dari pengaruh kehidupan modern, namun hal itu tidak menjadikan manyarakatnya untuk tetap terpaku dan hidup tanpa adanya keinginan untuk maju dan berkembang.
Mahkam Ulu tidak jauh beda dengan daerah perbatasan Indonesia lainya yang jauh tertinggal dan seakan terlupakan dari sentuhan Ibu Pertiwi. Dunia pendidikan salah satu aspek yang kurang mendapat perhatian dari pemerintah, ini menjadi satu ironi sebab satu sisi pendidikan di daera lain di negara Indonesia tercinta ini seakan mendapat perhatian lebih dari pemerintah, aspek penunjang pendidikan semua terpenuhi dan di sisi lain teriakan dari siswa di pelosok negeri tidak sempat terdengar oleh penguasa pemangku kebijakan, mereka pura-pura buta akan nasib anak di ujung negeri yang butuh fasilitas pendidikan.

Pendidikan sebagai ujung tombak mencetak generasi penerus bangsa hanya bisa menjadi mimpi, prasarana penunjang pendidikan masih belum mencukupi salah satunya kurangnya buku. Buku salah satu sumber belajar yang efektif, lewat membaca buku hal yang tak sempat kita saksikan secara langsung akan tampak jelas tatkala kita membaca. Dengan membaca kita akan membuka jendela dunia, serta secara tidak langsung wawasan ikut bertambah. Namun untuk Mahakam Ulu hal yang seperti itu akan menjadi mimpi, “Buku sebagai jendela dunia pembawa ilmu dari negeri seberang tak akan mampu dinikmati anak Mahakam Ulu”,,,

Guru SM-3T sebagai ujung tombak penggerak pendidikan di daerah 3T telah memberikan pembinaan kepada siswa akan pentingnya budaya membaca, namun pembinaan itu kurang berjalan efektif, buku sebagai penunjang utama belum mencukupi, keadaan seperti itu hampir di seluruh Mahakam Ulu.

Dari permasalahan dia atas kami Guru SM-3T UNM Angk: VI, mengajak Bapak, Ibu, saudara, kawan dan siapa saja yang peduli akan Dunia Pendidikan untuk ikut serta dalam program “Satu Buku Sejuta Mimpi Anak Mahulu”. Donasi buku yang terkumpul nanti akan kami salurkan langsung ke sekolah-sekolah yang membutuhkan di Mahakam Ulu.

Buku - buku yang bisa disumbangkan ke “Satu Buku Sejuta Mimpi Anak Mahulu” bisa berupa:
  • buku Pelajaran timgkat SD, SMP, SMA dan sederajat.
  • buku Fiksi, seperti Novel, buku cerita, cerpen
  • buku referensi atau buku rujukan seperti kamus
  • jurnal atau artikel
  • bentuk donasi dana
Donasi Buku dikirimkan ke Alamat:
Bapak E. Tek Hen Yohanes, S.Pd
Jl. P Antasari RT 21 No.12 Kel. Melak Ulu, Kec. Melak, Kutai Barat, Kalimantan Timur
Donasi Uang dikirimkan ke Rek BRI an. Fitra : 4967-01-009869-53-4
CP : Fitra (085298084291/085211886241)Sari (085299808586)
Semoga usaha kita untuk mencerdaskan anak bangsa diridhai-Nya dan semakin memperlancar kita dalam melaksanakan setiap aktifitas kehidupan kita.....”Aamiin”

0 Response to "Donasi Buku untuk Mahakam Ulu "Satu Buku Sejuta Mimpi Anak MAHULU""

Post a Comment