Tradisi Pemasangan Gelang bagi Para Pendatang di Kabupaten Mahakam Ulu (Catatan SM3T Mahakam Ulu)

Kabupaten Mahakam Ulu merupakan salah satu kabupaten di Kalimantan Timur. Kabupaten Mahakam ulu terbentuk sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Kutai Barat. Diresmikan pada tanggal 20 Mei 2013 dengan landasan hukum Undang-Undang No. 2 Tahun 2013. Luas wilayah 15.315 km yang tebagi menjadi 5 kecamatan yaitu Long Hubung, Laham, Long Bagun, Long Pahangai dan Long Apari. Kecamatan-kecamatan tersebut terbagi lagi menjadi 49 kelurahan atau kampung. Pusat pemerintahan atau Ibu Kota Kabupaten Mahakam Ulu yaitu di Ujo Bilang.

Kabupaten Mahakam Ulu terkenal sebagai salah satu kabupaten yang memiliki daya tarik bagi para pendatang baik dari segi lingkungan alam maupun lignkungan masyarakat dalam bentuk tradisi atau kebudayaannya. Salah satu tradisi yang menarik untuk diperbicangkan adalah tradisi pemasangan gelang serta pemberian nama Dayak bagi para pendatang. Tradisi ini merupakan kebiasaan yang sudah lama dilakukan oleh masyarakat di Kabupaten Mahakam Ulu. Tradisi yang memiliki keunikan tersendiri ini masih tetap bertahan sampai sekarang dan sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat.

Berdasarkan keterangan dari masyarakat bahwa pemasangan gelang itu memiliki makna yang mendalam. Makna tersebut tergambar dari gelang yang merupakan hasil perpaduan manik-manik yang dulunya tercerai-berai. Dengan demikian, pemasangan gelang itu melambangkan bahwa pendatang dan masyarakat asli dapat berbaur dan bersatu. Para pendatang diterima sebagai keluarga.
Bentuk Gelang
Tradisi ini dialami oleh para peserta SM-3T LPTK Universitas Negeri Makassar. Saat tiba di Kabupaten Mahakam Ulu para peserta mendapatkan gelang baik di sekolah maupun di masyarakat dimana mereka ditempatkan. Selain pemasangan gelang, peserta SM-3T juga diberikan nama Dayak masing-masing. Nama itu menandakan pula bahwa mereka diterima sebagai keluarga dan sekaligus bagian dari masyakat di Mahakam Ulu dalam menjalankan tugas dedikasi pendidikan selama kurang lebih satu tahun ke depan.

Suasana Pemasangan Gelang dan Pemberian Nama Dayak
Peserta SM-3T Kecamatan Long Pahangai 





0 Response to "Tradisi Pemasangan Gelang bagi Para Pendatang di Kabupaten Mahakam Ulu (Catatan SM3T Mahakam Ulu)"

Post a Comment