SM-3T Peduli Masa Depan Generasi Bangsa

SM-3T Peduli  Masa Depan
Generasi Bangsa

Orang Tua siswa-siswi begitu terkesima menyimak informasi yang di sampaikan oleh Baktiar, S.Pd (Guru SM-3T)

Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (SM-3T) Universitas Negeri Makassar (UNM) Angkatan VI Penempatan SMA Negeri 1 Long  Apari, Mahakam Ulu,Kalimantan Timur Menggelar sosialisasi Kepada Orangtua Siswa-siswi, Rabu (15/2/2017).

Sosialisasi yang “Bertema Kelanjutan Studi Masuk Perguruan Tinggi” yang dihadiri oleh para Dewan Guru, Petinggi Kampung, Orang Tua Siswa-siswi dan tentunya kami selaku Guru SM-3T. Kegiatan ini terlaksana karena berkat inisiatif dari kami (SM-3T), Khususnya KORCAM SM-3T Long Apari yaitu Baktiar, S.Pd.

Kami melihat realitas yang ada selama mengabdi kurang lebih 5 bulan, begitu banyak ketertinggalan khususnya di aspek pendidikan, diantaranya Motivasi belajar siswa yang rendah, siswa yang kurang disiplin karena aturan sekolah yang kurang jelas, kemampuan siswa yang sangat rendah, budaya malas untuk masuk sekolah karena mereka pikir kami hanya sebatas SMA saja, kalau selesai pasti langsung menikah.  Wajar mereka berpikir seperti itu, mereka bingung selesai SMA mau kemana, tidak ada yang menuntun mereka untuk masuk Kuliah apalagi kondisi ekonomi keluarga yang lemah. Sehingga selama ini jarang sekali di temukan siswa-siswi yang melanjutkan studinya ke perguruan tinggi.

Korcam SM-3T, Baktiar selaku narasumber mengatakan kegiatan ini bentuk kepedulian kami terhadap siswa-siswi yang ingin melanjutkan studi tapi tidak tahu jalannya. Masuk perguruan Tinggi Negeri ada jalur untuk siswa yang berprestasi tapi berasal dari keluarga yang ekonomi lemah. Dan siswa yang orangtuanya mampu tetap harus daftar di Kampus Negeri karena biaya kuliahnya tidak semahal yang ada di swasta.

Adapun Jalurnya Yaitu : SNMPTN bagi siswa yang orang tuanya mampu untuk membiaya kuliah anaknya. Dan SNMPTN BIDIKMISI bagi siswa yang berasal dari keluarga ekonomi lemah. Dan beliau juga menjelaskan proses pendaftaran SNMPTN kuhususnya BIDIKMISI bahwa kami hanya sebagai fasilitator untuk mengimput dan mengirimkan berkas-berkas sebagai persyaratan pendaftaran. Proses pendaftarannya lewat Online. Perlu di pahami bahwa yang menentukan kelulusan bukan kami tapi kementrian pendidikan, mereka yang akan menyeleksi berkas-berkas siswa-siswi sesuai dengan kriteria yang mereka miliki. selanjutnya mendeskripsikan  bagaimana mereka nanti ketika kuliah bisa menyelesaikan studinya dengan baik karena Dewasa ini banyak mahasiswa yang berhenti di tengah jalan, studinya tidak selesai disebabkan oleh berbagai faktor seperti, budaya malas, pengaruh pergaulan yang menyimpang, berhubungan intim di luar nikah (kumpul kebo) dan kurangnya kesadaran diri untuk mencapai cita-cita yang di impikan...tetapi yang kita harapkan semua siswa-siswi disini tidak seperti itu nantinya...seraya semua menuturkan Amin!!!

Beliau juga menuturkan bahwa dalam proses pendaftaran SNMPTN sampai tahap akhir saya dan teman-teman selaku Guru SM-3T siap membantu siswa-siswi baik secara materil maupun moril. Disini juga hadir wali kelas siswa-siswi sebagai wujud tanggung jawab dan kepedulian mereka terhadap anak-anak asuhannya masing-masing. Tak kalah penting juga dorongan dan semangat bapak ibu untuk melanjutkan studi anaknya ke Perguruan Tinggi.

Sejauh interpretasi  saya (Suman sosiolog) bahwa orang tua siswa yang hadir begitu serius dan terharu  menyimak stimulus/informasi yang barusan kali ini mereka dapat dari sekolah tentang SNMPTN. Kenyataannya memang benar adanya ketika perwakilan dari orangtua siswa-siswi diberi kesempatan menyampaikan pertanyaan, usulan atau tanggapan.

Perwakilan orangtua menyampaikan rasa  syukur dan kegembiraannya mendengar dan mendapatkan informasi ini, mengatakan “ selama ini jujur saja kami merasa dunia begitu gelap dan hari ini terang benderang”.  Dan informasi ini membuat kami semangat untuk melanjutkan anak-anak  ke jenjang yang lebih tinggi lagi, agar nasib mereka tidak seperti yang kami alami. Dalam hati saya tersirat kehadiran kami disini “bagaikan pelita ditengah-tengah kegelapan”.

Dalam kesempatan ini juga Kepala Sekolah yang diwakili oleh Bapak Kristianus Bang,S.Kom, menuturkan apresiasinya atas kehadiran Guru SM-3T, yang banyak telah membantu kami demi kemajuan sekolah, dan beliau juga mengatakan kepada orangtua siswa untuk serius dan semangat melanjutkan studi anaknya masing-masing supaya bisa seperti Guru-guru SM-3T menjadi pencerah anak bangsa di pelosok Negeri

Kami sadar bahwa, Hal sekecil apapun yang kami lakukan disini tapi bernilai luar biasa bagi mereka. Tetap menyebarkan kebaikan dimanapun kita berada, itu semua bagi saya bagian dari investasi sosial dunia dan akhirat_Suman Sosiolog.
#SM-3T_Peduli#
#SMAN 1 LA Jaya#






1 Response to " SM-3T Peduli Masa Depan Generasi Bangsa"